You are currently viewing WORKSHOP PERANCANGAN PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING

WORKSHOP PERANCANGAN PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING

Payakumbuh, Jum’at/04 Maret 2022, Hari pertama pelaksanaan Workshop Perancangan Pembelajaran Model Project Based Learning. Kegiatan ini dimulai pukul 07.30 WIB yang bertempat di Aula dengan sasaran yaitu seluruh guru SMKN 1 Payakumbuh.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Sumatera Barat yaitu Bapak Drs. Asricun. M. M.Pd yang sekaligus memberikan kata sambutan dan membuka kegiatan secara resmi. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pengawas Satuan Pendidikan SMKN 1 Payakumbuh yaitu Bapak Drs. Ir. Autaf Muzarli, M.Pd. Selanjutnya Dr. Rahmad Ramelan Setia Budi sebagai narasumber yang akan memandu para peserta dalam kegiatan workshop yang akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari.

Pada hari pertama acara dibuka oleh pembawa acara yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Ini adalah langkah kita sebagai guru untuk menerapkan metode pembelajaran model project based learning. Disini kita akan sama-sama belajar merancang dan menerapkan metode ini kepada peserta didik agar dalam melaksanakan pembelajaran siswa tiak merasa bosan” pungkas kepala SMKN 1 Payakumbuh, Ibu Yunita Rosanti, M.Pd dalam sambutannya.

Kacabdin wilayah IV Bapak Drs. Asricun. M. M.Pd menyampaikan bahwa merdeka belajar merupakan keanekaragaman karakteristik peserta didik. Project Based Learning akan memadukan berbagai macam pengetahuan dan latar belakang. Project biasanya berupa warisan, produk, dan studi kasus. Dalam sambutannya ini, Kacabdin memberikan contoh untuk jurusan pemasaran seterusnya menyampaikan bahwa workshop ini juga bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.

Pada kegiatan inti, Bapak Dr. Rahmad Ramelan Setia Budi menyampaikan materi tentang Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Penyusunan KUK dan Job Sheet. Setelah penyampaian materi, peserta diminta melakukan kerja kelompok untuk penyusunan KUK dan Job Sheet berdasarkan mata pelajaran yang diampu masing-masing peserta. Kegiatan diakhiri pukul 15.30 WIB.

Pada hari kedua, Sabtu/05 Maret 2022, kegiatan dilanjutkan dengan materi serta kerja kelompok mengenai Penyusunan Instrumen Penilaian PjBL. Setelah selesai, kegiatan diteruskan dengan presentasi hasil kerja yang telah dibuat  kelompok setiap perwakilan mata pelajaran.

Pada akhir kegiatan, narasumber menyimpulkan hasil kegiatan selama dua hari ini. Narasumber juga memberikan motivasi dan semangat kepada guru-guru untuk menerapkan PjBL di dalam pembelajaran agar meningkatkan kualitas dan motivasi belajar siswa.

Para peserta sangat antusias dan bersemangat dalam kegiatan ini, karena PjBL sangat membantu dalam proses pembelajaran.

Tinggalkan Balasan