You are currently viewing PEMBUKAAN PESANTREN RAMADHAN TAHUN 2022/1443 H

PEMBUKAAN PESANTREN RAMADHAN TAHUN 2022/1443 H

Payakumbuh, Kamis/07 April 2022 Kegiatan Pesantren Ramadhan 1443 H resmi dibuka oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Sekda Provinsi Sumatera Barat Bapak Drs. Hansastri, M. M.

Pembukaan Pesantren Ramadhan 1443 H dilaksanakan secara Langsung di Masjid Sumatera Barat dan Virtual via Zoom Meeting dan Live YouTube  yang diikuti oleh seluruh SMA, SMK, dan SLB se-Provinsi Sumatera Barat.

Peserta didik dan seluruh guru SMKN 1 Payakumbuh mengikuti kegiatan pembukaan secara virtual melalui Zoom Meeting di Aula SMKN 1 Payakumbuh.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Bapak Drs. Barlius, M. M selaku Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa tujuan dari Pesantren Ramadhan yaitu meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan agama peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan yang dilakukan selama Pesantren Ramadhan antara lain Tadarus, Kajian Keislaman, Shalat Berjamaah, Dzikir dan Do’a, Praktik Shalat Fardhu dan Jenazah, juga pemantapan pemahaman mengenai keagamaan, tokoh Sumatera Barat, kemerdekaan, dan penerapan nilai karakter ABSSBK (Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah).

Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 09 s/d 23 April 2022 dari pukul 07.30 WIB s/d 13.00 WIB. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat juga mennyampaikan harapan bahwa tidak hanya guru yang berperan aktif, tetapi orang tua juga diharapkan berpartisipasi aktif mendorong anak ke masjid di tempat tinggalnya.

Sejalan dengan harapan Gubernur Provinsi Sumatera Barat melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat, Bapak Drs. Hansastri, M. M, bahwa setelah pesantren Ramadhan siswa memiliki hafalan beberapa ayat pilihan  dan ayat  pendek secara tartil. Beliau juga menghimbau kepada guru-guru di sekolah untuk membimbing peserta didik sebaik-baiknya selama pesantren Ramadhan berlangsung. Disamping itu guru juga mengawasi aktifitas peserta didik di luar masa pesantren Ramadhan di sekolah, yaitu di lingkungan tempat tinggal masing-massing

Setelah arahan Gubernur Provinsi Sumatera Barat melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat, Bapak Drs. Hansastri, M. M, beliau langsung membuka kegiatan Pesantren Ramadhan Tahun 1443 H secara resmi dengan pemukulan gendang.

Setelah mengikuti pembukaan secara virtual melalui Zoom Meeting di Aula SMKN 1 Payakumbuh, Bapak Muhammad Ridha, M.Pd selaku guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memberikan arahan mengenai teknis  kegiatan pesantren Ramadhan kepada peserta didik dan guru pembimbing. Selanjutnya siswa dipersilahkan pulang untuk mempersiapkan diri mengikuti pesantren Ramadhan di sekolah.

Tinggalkan Balasan